S5 Corpway - шаблон joomla Joomla
Article
  • Register
Saturday, 07 October 2017 04:43

Air Terjun Ogi, Wisata Andalan Kabupaten Ngada

Rate this item
(0 votes)

Mungkin dulu banyak yang tak mengetahui keberadaan Kota Bajawa yang terletak di Pulau Flores ini, namun seiring waktu banyak pelancong yang mulai menyambangi kota ini. Bajawa yang merupakan salah satu kota di Pulau Flores, NTT ini terkenal akan primadona cantiknya yakni Gunung Inerie dan Kampung Bena yang berada di kaki gunungnya.

Selain Inerie, kota yang memiliki udara sejuk ini pun dikenal sebagai penghasil kopi Flores yang memiliki cita rasa khas nusantara.Namun selain pesona Gunung Inerie, Bajawa ternyata juga memiliki sebuah air terjun cantik yang menjadi alternatif wisata bagi para pengunjung yang hendak menjelajahi Kota Bajawa. Terletak di Desa Pape, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 m yakni Air Terjun Ogi namanya. Dihiasi oleh pepohonan rimbun, hamparan persawahan serta udaranya yang jauh dari polisi menjadikan air terjun ini terasa sejuk dan asri.

Aliran airnya memiliki debit yang cukup besar dengan bebatuan dan rerumputan hijau menghiasi di sisi kanan dan kirinya. Tak heran derasnya aliran di air terjun ini pernah dimanfaatkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) setempat sebagai pembangkit listrik, meskipun saat ini sepertinya sudah tidak beroperasi lagi. Selain sebagai pembangkit listrik, aliran air di air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai irigasi lahan persawahan warga di sekitarnya.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini pengunjung masih harus berjalan kaki kurang lebih 1 km, karena pasalnya lokasi utama air terjun ini berada jauh dari bibir jalan. Hamparan sawah hijau akan menemani pengunjung dalam perjalanan menuju lokasi. Sesampainya di sana, pengunjung akan langsung dimanjakan oleh panorama alam di sekitar lokasi ditambah lagi dengan udaranya yang menyejukkan.
 
Akses Menuju Lokasi Wisata
Letaknya yang berada tak begitu jauh dari pusat Kota Bajawa yakni sekitar 8km, waktu tempuh untuk menuju air terjun ini memakan waktu sekitar 30-45 menit lamanya. Dengan kondisi jalan yang bervariatif, pengunjung akan melewati perjalanan yang berkelok-kelok yang cukup tajam. Tak ada penunjuk jalan untuk menuju lokasi air terjun, sehingga pengunjung harus sering-sering bertanya kepada penduduk setempat mengenai arah untuk menuju lokasi air terjun. Tak ada transportasi umum untuk menuju Air Tejrun Ogi, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek dari Bajawa. Bagi pengunjung di luar Kota Bajawa, dapat menyewa kendaraan bermotor di Bajawa dengan tarif sewa berkisar 100.000 per harinya.

Fasilitas
Tidak terdapat fasilitas penunjang apapun, hanya terdapat warung kecil yang berada di sekitar area parkir di bibir jalan sebelum menuju lokasi air terjun. Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman sebelumnya. Karena letaknya yang berada di dekat Kota Bajawa, untuk penginapan terdapat banyak pilihan dengan harga yang bervariatif diantaranya Edelweiss, Korina, Silverin dan lainnya.



https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/air-terjun-ogi-wisata-andalan-kabupaten-ngada

Read 77 times Last modified on Saturday, 07 October 2017 04:58

Masukan email Anda, & dapatkan informasi tentang NTT

About ASITA NTT

Association of  The Indonesian Tours And Travel  Agencies (ASITA) adalah Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia. ASITA didirikan di Jakarta pada 7 Januari 1971 dan saat ini, ASITA tingkat Nasional berkedudukan di Jakarta. ASITA sendiri memiliki 31 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang tersebar di seluruh Indonesia yang salah satunya terdapat di NTT yang didirikan pada tahun 1974.
ASITA NTT merupakan salah satu anggota Stakeholder Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTT atau yang lebih dikenal dengan sebutan NTT Tourism Board.