S5 Corpway - шаблон joomla Joomla
Berita
  • Register
Saturday, 09 December 2017 06:16

NTT Rangking Dua Nasional Destinasi Wisata

Rate this item
(0 votes)

ATAMBUA, TIMEX-Jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke wilayah NTT beberapa waktu belakangan meningkat drastis. Dari data yang direkam Dinas Pariwisata NTT menunjukkan saat ini NTT menempati urutan dua destinasi wisata nasional setelah Kepulauan Riau.

Dikabarkan saat ini jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi wilayah NTT mencapai kurang lebih 500 ribu orang setiap tahun. Umumnya para wisatawan manca negara masuk ke NTT melalui sejumlah pintu perbatasan seperti Mota’ain, Wini dan Motamasin dan pintu lainnya. Salah satu faktor pemicu adalah letak wilayah NTT yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

“Pak Menteri Pariwisata sangat mengapresiasi pesatnya pertumbuhan sektor pariwisata NTT saat ini. Kita bersyukur karena daerah kita berbatasan langsung dengan Timor Leste sehingga setiap saat banyak wisatawan yang datang ke NTT untuk berbagai urusan,” ungkap Kadis Pariwisata NTT Marius Jelamu saat pembukaan Expo NTT dan Tour de Timor di arena pasar Senggol Simpang Lima Atambua kemarin sore. Even Expo NTT milik Dinas Pariwisata NTT ini pelaksanaannya oleh Event Orgnizer (EO) PT. Timex Kupang Promosindo.

Menurut Jelamu, meroketnya pertumbuhan pariwisata NTT saat ini ditandai dengan lolosnya beberapa even wisata di NTT menjadi destinasi nasional belum lama ini. Disebutkan momentun Tour de Flores, festival Kuda Hias dan tenun ikat di Sumba dan festival tarian Likurai di Fulan Fehan menjadi destinasi nasional belum lama ini semakin menambah kemajuan sektor pariwisata di.

“Ke depan kita akan lakukan festival Tebe dan Bonet untuk Kabupaten TTS dan Kupang biar semakin mendorong pertumhuhan pariwisata di NTT. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT akan bertambah menjadi lebih baik. Maka otomatis ke depan masyarakat akan hidup sejahtera sesuai harapan pemerintah dan kita semua,” kata Marius Jelamu.

Dijelaskan, even Expo NTT dan Tour de Timor yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Belu selama tiga hari menjelang akhir pekan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi NTT untuk terus memacu pertumbuhan sektor Pariwisata di NTT. Karena itu Jelamu berharap dua kegiatan dimaksud berjalan aman dan sukses. “Saat ini pemerintah provinsi melalui sedang berupaya keras agar satu saat semua daerah di NTT terkoneksi khususnya melalui jalur udara. Kita doakan mudah-mudahan dalam waktu dekat jalur penerbangan Dili-Kupang, dan Darwin-Kupang sudah terlaksana sehingga semakin menambah kunjungan wisatawan manca negara ke NTT,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Belu Petrus Bere ketika membuka kegiatan Expo NTT dan Tour de Timor mewakili Gubernur NTT menyampaikan apresiasi kepada Pemprov NTT atas dipilihnya Kabupaten Belu sebagai lokasi penyelenggaraan dua kegiatan dimaksud. Sekda Bere berharap dengan bertambahnya aneka kegitan itu akan semakin menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Pembukaan Expo NTT dan Tour de Timor di Atambua kemarin sore berlangsung semarak. Selain Sekda Belu dan Kadis Pariwisata NTT juga hadir para pejabat Forkompinda Belu. Acara pembukaan dimeriahkan sejumlah tarian baik daerah maupun tarian kreasi modern seperti break dance dan parade band. Tidak hanya itu, sejumlah instansi baik pemerintah maupun swasta ikut memeriahkan acara dimaksud dengan memamerkan produk mereka di stand yang disediakan panitia.

Sumber: timorexpress.fajar.co.id

Read 21 times

DPD ASITA NTT FB

 

Masukan email Anda, & dapatkan informasi tentang NTT

About ASITA NTT

Association of  The Indonesian Tours And Travel  Agencies (ASITA) adalah Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia. ASITA didirikan di Jakarta pada 7 Januari 1971 dan saat ini, ASITA tingkat Nasional berkedudukan di Jakarta. ASITA sendiri memiliki 31 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang tersebar di seluruh Indonesia yang salah satunya terdapat di NTT yang didirikan pada tahun 1974.
ASITA NTT merupakan salah satu anggota Stakeholder Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTT atau yang lebih dikenal dengan sebutan NTT Tourism Board.